Jumlah Positif Covid-19 Kota Tarakan Bertambah dan 73 Tenaga Medis dinyatakan Terpapar Covid-19
dr. Devi Ika Indriarti, M. Kes.,

Tarakan – Press release hasil pengujian SWAB dari Balai Besar Labotarium Kesehatan (BBLK) Surabaya, 3 pasien dinyatakan positif Covid-19. 2 pasien di antaranya merupakan kluster Gowa, Sulawesi Selatan.

“Kasus Covid-19 bertambah 3 orang, 2 di antaranya yaitu pasien COVID 29 dan COVID 31 yang berhubungan dengan kluster dari Gowa, dan 1 orang dari PDP Jumat 1 Mei 2020.

Jumlah kumulatif yang terkonfirmasi positif sampai saat ini sebanyak 31 orang. Hari ini terdapat 3 penambahan kasus positif Covid-19 yaitu WRB (Perempuan, 26 Th) Mamburungan, Tanjung Pasir (RT.17), COVID 29, AW (Laki-laki, 15 Th) Karang Harapan RT.03 dan COVID 31, RA (Laki-laki, 36 Th) Karang Anyar Pantai RT. 17.

Selain itu, jumlah kumulatif PDP (Pasien Dalam Pengawasan) sampai saat ini sebanyak 3 orang. 2 orang yang dirawat dan 1 meninggal. “Pasien PDP yang meninggal adalah balita Laki-laki berumur 1 tahun 9 bulan masuk ke rumah sakit pada siang hari dan dinyatakan meninggal pada sore hari, 30 April 2020. Pasien telah dimakamkan tadi malam dengan prosedur pemakaman COVID-19 di Juata Laut,” jelasnya.

Sedangkan jumlah Kumulatif ODP (Orang Dalam Pemantauan) sebanyak 335 orang. berdasarkan hasil Pemantauan yang dilakukan oleh Puskesmas sesuai daerah tempat tinggal ODP sebanyak 100 orang. Jumlah ODP selesai menjalani pemantauan dan telah dinyatakan sehat, serta mendapatkan surat keterangan sehat dari Puskesmas tersebut sebanyak 235 orang.

Hal ini disampaikan oleh Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Tarakan, dr. Devi Ika Indriarti, M. Kes melalui press release di Dinas Kesehatan (Dinkes) Tarakan, Jumat 01 Mei 2020.

“Selanjutnya berdasarkan hasil tracking kasus di RSUD Kota Tarakan, ditemukan 73 kasus tenaga medis terpapar covid-19 dan telah dilakukan pengambilan sampel uji SWAB terhadap 35 orang yang berisiko paling besar untuk selanjutnya dilakukan pemeriksaan di laboratorium rujukan,” terangnya.(*)

Reporter : TakarNET Editor : Prabu