Hujan Deras Akhir-akhir Ini Menjadi Pemicu Longsor di 22 Titik di Kota Tarakan
Kepala Pelaksana BPBD Tarakan, Ahmady Burhan | Foto : Reporter TakarNET.com

TARAKAN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tarakan mengevaluasi tingginya intensitas hujan yang menguyur Kota Tarakan dalam sepekan ini.(7/05/2020) Kamis

Selain itu menjadi pemicu terjadinya musibah tanah longsor di beberapa kelurahan. Salah satunya yang menggeruskan 3 rumah di RT 34, Kelurahan Sebengkok, beberapa hari yang lalu.

Tidak hanya itu kepala BPBD Kota Tarakan mengatakan kepada media TakarNet.com
“Berdasarkan data yang masuk ada 22 kejadian (longsor, Red.) kemarin itu. Ada rumah, jalan, semua itu rata-rata disebabkan oleh hujan deras yang mengakibatkan tanah tak mampu menampung debit air, sehingga terjadi longsor,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Tarakan.

View this post on Instagram

Hujan dengan intensitas sedang – berat yg berlangsung oada dini hari hingga pagi hari (06.05.2020) mengakibatkan pergerakan tanah di bbrp titik, a.l : 1️. Kel. Kampung Satu RT 20 a.n Suardi (Rusak Sedang – sebagian dinding rumah jebol) 2️. Kel. Kampung Satu RT 20 a.n Bathir (Rusak Sedang – sebagian dinding rumah jebol) 3️. Kel. Karang Anyar RT.14 a.n Awan Subandono (Rusak Sedang – sebagian dinding rumah jebol) 4️. Kel. Karang Anyar RT 14 a.n Sulardi (Rusak Sedang – sebagian dinding rumah jebol) 5️. Kel. Sebengkok RT 34 a.n Tashrif (Rusak Sedang – sebagian teras/rabat rumah terkikis) 6️. Kel. Kampung Empat RT 3 a.n Yuli (Rusak Sedang – sebagian dinding rumah jebol) 7️. Kel. Juata Kerikil RT 7 a.n Karmaji (Rusak Sedang – sebagian dinding rumah jebol) 8. Kel. Karang Anyar RT 60 a.n Dasmiati (Rusak Sedang – sebagian dinding rumah jebol) 9. Kel. Karang Anyar RT 60 a.n Nur Aidin (Rusak Sedang – sebagian dinding rumah jebol) 1️0. Kel. Karang Anyar RT 15 a.n Nur Insani (Rusak Sedang – sebagian dinding rumah jebol) 1️1. Kel. Karang Balik RT 5 a.n Mamujak (Rusak Sedang – sebagian dinding rumah jebol) 1️2️ Kel. Karang Balik RT 5 a.n Kurnain (Rusak Sedang – sebagian teras/rabat rumah terkikis) 1️3️ Kel. Karang Balik RT 14 a.n Gio (Rusak Sedang – atap rumah jebol) 14. Kel. Sebengkok RT.20 a.n imam safii (rusak ringan ) 15. Kel. Sebengkok RT.20 a.n nor biah (rusak ringan) 16. Jalan Lingkungan RT 22, Tanjung Pasir Kelurahan Mamburungan BPBD Kota Tarakan Alamat : Jl. KH Agus Salim RT 19 No. 04 Kota Tarakan – Kalimantan Utara Email : bpbdkotatarakan1@gmail.com FP : BPBDKotaTarakan Facebook : bpbdkotarakan Twitter : BpbdTarakan Instagram : bpbd_KotaTarakan Salam Tangguh… Salam Kemanusiaan… #KenaliAncamannyaKurangiResikonya #BersamaKurangiResiko #SadarBencana #SiagaBencana #SiapUntukSelamat #BencanaUrusanBersama

A post shared by BPBD Kota Tarakan (@bpbd_kotatarakan) on

Instagram BPBD Kota Tarakan

Selain itu dari hasil tinjauan ke lapangan, ia menyebut kondisi akibat musibah termasuk langkah penangananya juga berbeda-beda. “Untuk yang sifatnya rumah warga akan ditangani oleh BPBD untuk stimulannya. Untuk yang besar itu ada di PU, untuk bantuan seperti jalan dan perumahan ada di Dinas Perumahan,” katanya.

Pada prinsipnya Pihak BPBD Kota Tarakan jika ada kejadian pasti mengecek, mendata, mengevaluasi, dan melakukan komunikasi dengan stakeholder terkait.

Mengenai bantuan berupa bahan material yang akan diberikan BPBD Kota Tarakan kepada korban, nantinya akan dimanfaatkan untuk membangun penahan longsor disekitar rumah yang tergerus itu.

“Bantuan ke korban itu berproses, ada tahapan yang harus kita lalui. Sesuai dengan protap sampai dengan Walikota Tarakan merekomendasinya, baru bisa kita kucurkan bantuan,” terangnya.

Mengingat sebaran lokasi longsor yang terjadi ini berada di daerah perbukitan, ia mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati dan tetap waspada.

“Apabila ada hunian yang rawan untuk dihuni, kami imbau untuk tidak melakukan aktivitas di dalam rumah dan jika mendesak segera lakukan evakuasi mandiri sampai bantuan tiba. Sehingga itu bisa mengantisipasi ketika hujan berikutnya yang bisa membahayakan nyawa si pemilik rumah,” tutupnya.(*)

Reporter : TakarNet.com
Editor. : Prabu